Rabu, 18 Mei 2016

Persyaratan Sarana Dan Prasarana TK/paud



Persyaratan Sarana Dan Prasarana TK - Persyaratan Sarana Dan Prasarana yang harus di miliki oleh sebuah lembaga TK diantaranya meliputi beberapa persyaratan sebagai berikut:
1. Luas lahan/tanah minimal yang diperlukan 300 m2
2. Lokasi pendirian hendaknya memperhatikan persyaratan lingkungan, yaitu faktor keamanan, kebersihan, ketenagaan, dekat dengan pemukiman pendudukan serta kemudahan transportasi dan jarak.
a. Keamanan ; Lokasi pendirian TK hendaknya tidak terlalu dekat dengan jalan raya utama, di tebing, pemakaman, sungai atau tempat-tempat yang dapat membahayakan bagi anak peserta didik
b. Kebersihan ; Dalam mendirikan TK hendaknya tidak berdekatan dengan tempat pembuangan/ penumpukan sampah, pabrik yang mengeluarkan polusi udara, limbah yang berakibat buruk bagi kesehatan.
c. Ketenangan/Kenyamanan ; Taman kanak-kanak yang didirikan lokasi tidak berdekatan dengan pabrik, bengkel, pasar dan pusat keramaian yang aktifitasnya dapat mengeluarkan suara yang dapat menggangu kegiatan TK.
d. Penduduk (usia taman kanak-kanak) ; Lokasi pendiriannya TK dipilih dekat dengan pemukiman penduduk yang relatif banyak anak usia taman kanak-kanak.
e. Transportasi ; Transportasi mudah dijangkau, baik darat atau air sesuai dengan kondisi daerah.
3. Memiliki ruang kelas, ruang kantor/kepala TK, ruang dapur, gudang, kamar mandi/WC guru dan kamar mandi/WC anak.
a. Bangunan Gedung
Administrasi TK
b. Halaman ; TK tersebut sedapat mungkin mempunyai halaman/tempat bermain dan mempunyai ruang bermain terbuka
4. Memiliki perabot, alat peraga dan alat permaianan di luar dan di dalam ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar